Minggu, 06 Januari 2013

Negara Bagian Washington

Washington adalah sebuah negara di wilayah Pacific Northwest Amerika Serikat terletak di utara Oregon, Idaho barat dan selatan provinsi British Columbia di Kanada, di pantai Samudra Pasifik. Washington diukir keluar dari bagian barat Wilayah Washington yang telah diserahkan oleh Inggris pada tahun 1846 oleh Perjanjian Oregon sebagai penyelesaian Sengketa Batas Oregon. Ia dirawat di Uni sebagai negara ke-42 pada tahun 1889.

Washington adalah yang paling luas dan ke-18 yang paling padat penduduknya di 13 dari 50 Amerika Serikat. Sekitar 60 persen dari penduduk Washington tinggal di wilayah metropolitan Seattle, pusat transportasi, bisnis, dan industri di sepanjang wilayah Puget Sound Laut Salish, sebuah teluk Pasifik yang terdiri dari banyak pulau, fjord yang mendalam, dan teluk diukir oleh gletser. Sisa dari negara terdiri dari hutan hujan jauh di barat, pegunungan di bagian barat, tengah, timur laut dan tenggara jauh, dan semi-kering basin Timur diberikan kepada pertanian intensif. Washington adalah negara terpadat kedua di pantai barat dan di Amerika Serikat bagian barat setelah California.

Negara ini sering disebut "negara bagian Washington" untuk membedakannya dari Washington, DC, juga merupakan nama George Washington. Julukan lainnya adalah "Negara Evergreen". Kota terbesarnya adalah Seattle dan modal adalah Olympia.

Washington bernama setelah George Washington, Presiden pertama Amerika Serikat, dan merupakan negara AS hanya dinamai presiden. Washington yang biasa disebut negara bagian Washington atau kadang-kadang Negara Bagian Washington untuk membedakannya dari ibukota AS. Namun, Washingtonians (penduduk Washington) dan banyak penduduk negara-negara tetangga dan Kanada dari selatan British Columbia biasanya merujuk kepada negara hanya sebagai "Washington", sementara biasanya mengacu pada ibukota negara sebagai "Washington, DC" atau hanya "DC" Daerah ini awalnya disebut "Columbia" setelah Sungai Columbia, namun, untuk menghindari kebingungan dengan District of Columbia, daerah ini berganti nama Washington.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar